Selasa, 16 Agustus 2011

software monitoring jaringan

aplikasi untuk memonitoring jaringan
Dalam satu jaringan komputer, terdapat berbagai komputer yang terhubung. setiap komputer memiliki resource, masing masing resource saling berbagi dan terhubung satu sama lain. kadang jaringan menjadi sangat lambat, karena itu diperlukan softwear atau aplikasi yang memonitoring jaringan tersebut . ada berbagai macam aplikasi pemonitoring jaringan tetapi yang biasa digunakan yaitu :

1. Nagios NMS

Nagios adalah tool network monitoring system open source yang terbaik. Nagios bersifat modular,mudah digunakan, dan memiliki skalablitas tinggi. Modul atau plugin pada nagios sangat mugah Andapun dapat membuatnya guna melengkapi system checking pada nagios sesuai dengan kebutuhan Anda. Nagios awalnya didesain untuk berjalan pada sistem operasiLinux,namun dapat juga berjalan dengan baik hampir disemua sistem operasi unix varian. Ini adalah perangkat lunak bebas , dilisensikan di bawah ketentuan GNU General Public License versi 2 seperti dipublikasikan oleh Free Software Foundation
Beberapa fiturfitur yang tersedia pada Nagios diantaranya adalah:
Pemantauan layanan jaringan ( SMTP , POP3 , HTTP , NNTP , ICMP , SNMP , FTP , SSH )
Pemantauan sumber daya host ( prosesor beban, hard penggunaan, sistem log) pada sebagian besar sistem operasi jaringan , termasuk Microsoft Windows dengan NSClient + + plugin atau Check_MK .
Pemantauan hal lain seperti probe (suhu, alarm ...) yang memiliki kemampuan untuk mengirim data dikumpulkan melalui jaringan untuk plugin khusus ditulis
Pemantauan jarak jauh melalui skrip-dijalankan melalui Pelaksana Plugin nagios Terpencil
pemantauan jarak jauh didukung melalui SSH atau SSL dienkripsi terowongan.
Plugin sederhana desain yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengembangkan layanan mereka sendiri cek tergantung pada kebutuhan, dengan menggunakan alat pilihan ( shell script , C + + , Perl , Ruby , Python , PHP , C # , dll)
Tersedia untuk grafik data (plugin Nagiosgraph , PNP4Nagios , Splunk untuk nagios , dan lain-lain tersedia)
Layanan parallelized cek tersedia
Kemampuan untuk menentukan jaringan hirarki host dengan menggunakan "orang tua" host, yang memungkinkan deteksi dan perbedaan antara host yang turun dan mereka yang terjangkau
Hubungi pemberitahuan ketika layanan atau host masalah ini terjadi dan bisa diselesaikan (melalui e-mail , pager , SMS , atau metode apapun yang ditetapkan pengguna melalui sistem plugin)
Kemampuan untuk mendefinisikan event handler untuk dijalankan selama acara layanan atau host untuk penyelesaian masalah proaktif
Otomatis file log rotasi
ukungan untuk menerapkan berlebihan host pemantauan
Opsional antarmuka web untuk melihat status jaringan saat ini, pemberitahuan, sejarah masalah, file log, dll
Penyimpanan data dilakukan dalam file teks daripada basis data VNC (Virtual Network Connections)
 
2. VNC (Virtual Network Connections)

VNC (Virtual Network Connections) adalah software yang dapat digunakan untuk meremot, melihat aktivitas dari suatu komputer dan berinteraksi dengan satu komputer melalui komputer lain dalam jaringan lokal maupun internet. Manfaat dari VNC ini dapat mempermudah pengawasan system kerja.
Keungulan VNC di bandingkan dengan software lainnya :
1. Multi platform, server ini dapat di gunakan dengan baik di lingkungan Windows,Linux,Beos,Macintos, Unix dll. Dan penggunaanya pun juga dapar dilakukan secara koontas platform. VNC client dan VNC Server saling di akses misalnya dari sistem Windows ke sistem Linux maupun sebaliknya.
2. Client-server. Terdiri dari apikasi server dan client dan harus di instal di kedua sisi.
3. HTTP support. VNC dapat di akses menggunakan default port 5900 atau 5901.untuk TCP maupun port 5800 atau 5801 untuk HTTP. Jadi sebuah VNC server juga dapat diakses oleh VNC client menggunakan sebuah browser seperti Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer dengan menggunakan java aplet.
4. Transparan. Apabila sebuah komputer Windows dipasang VNC server, akan muncul sebuah icon kecil logo VNC di sebelah kanan taskbar yang akan berubah warna apabila komputer tersebut sedang diakses. VNC juga mengharuskan kita memasang password untuk bisa diaktifkan. Sebelum password dipasang, ia tidak akan mau bekerja.
5. Across internet. Cukup dengan mengetahui nomor IP address dan password VNC tujuan maka kita dapat memperlakukannya menjadi program semacam PC Anywhere untuk mengontrol komputer dari jarak jauh melalui internet.
6. Open Source. C bersifat Open Source dengan lisensi GPL (General Publik License). Dalam arti, kita bisa dengan leluasa menggunakan dan mendistribusikannya.

3. Netlimiter 

Netlimiter merupakan program bandwidth manager sederhana yang penggunaannya cocok untuk di dalam LAN atau jaringan yang tidak terlalu besar ukurannya. Program Netlimiter atau yang sejenis ini biasanya diinstal pada server Internet sharing agar semua proses komunikasi Internet tertangkap oleh program ini. Setelah tertangkap, Anda baru bisa mengatur besarnya bandwidth yang akan digunakan untuk sebuah proses komunikasi Internet tersebut. Biasanya semua proses komunikasi Internet pasti akan masuk ke dalam program ini tanpa kecuali.
Setelah tampil di menu pengaturannya, Anda dapat dengan bebas mengatur berapa besar bandwidth yang keluar dan berapa besar yang masuk. Besarnya parameter ini juga tidak harus simetris, jadi boleh berlainan sesuai dengan kebutuhan Anda. Program ini terbilang cukup hebat karena berapapun besarnya nilai limit yang ditentukan untuk suatu program, maka segitulah besarnya bandwidth yang akan diberikan kepada sebuah koneksi. Jadi, pengaturannya benar-benar akurat dan tepat.
Selain pengaturan bandwidth, disediakan juga grafik-grafik monitoring traffic yang saat itu sedang berlangsung. Ini merupakan sebuah nilai plus untuk program ini. Anda dapat mengatur bandwidth sambil memonitornya melalui bentuk grafik. Jaringan Anda kini sudah lebih Anda kuasai lagi.

2 komentar:

  1. Info yang bagus gan, cocok untuk tugas ane, kunjungi juga http://www.conndistindo.com/cool-box/

    BalasHapus